PROFIL PERPUSTAKAAN MTSN 4 PONOROGO

STRUKTUR ORGANISASI

PENANGGUNG JAWAB : DRS MOCH HARIS M.Pd.I (Kepala Madrasah)

KEPALA PERPUSTAKAAN : H. KASRIN, SH

PUSTAKAWAN                  :  PONIRAN, S.Pd

 

  1. VISI
    Terciptanya Anak Didik, Guru, Karyawan MTsN 4 Ponorogo yang Cerdas, Berkualitas, Berwawasan Luas, serta berliterasi.
  2. MISI
    Menjadikan Perpustakaan MTsN 4 Ponorogo Sebagai :
    1. Pusat Layanan Prima, Pusat Dokumentasi dan Informasi (PUSDOKINFO)
    2. Pusat Pengembangan Minat Baca.
    3. Sarana Pendidikan yang Menyenangkan.
    4. Perpustakaan yang Berbasis teknologi Informasi.
  3. Sebagai pusat literasi
  4. Tujuan
    1. Menjadi perpustakaan sekolah sebagai sumber
    belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dan
    merealisasikan visi misi sekolah.
    2. Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta
    mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sektor.
    3. Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka dan sumber literasi secara tepat guna dan berhasil guna.
    4. Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri.
    5. Merintis E-Library untuk wider accesing informasi & IPTEK.
    6. Mewujudkan kualitas dan kuantitas buku bacaan dan referensi.
    7. Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima.

 

  1. Fungsi Perpustakaan Sekolah
    Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi,
    pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam
    kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di MTsN 4 Ponorogo, perpustakaan
    sekolah berfungsi:
    1. Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, dan karyawan yang berada di
    bawah naungan MTsN 4 Ponorogo.
    2. Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai
    sehingga memudahkan penggunaannya.
    3. Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan
    pendidikan nasional.
    4. Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar.
    5. Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan
    penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan
    budaya, seni, kreasi dan budaya.
  2. Sasaran Perpustakaan MTSN 4 PONOROGO
    1. Para siswa MTsN 4 Ponorogo
    2.Kepala sekolah dan guru MTsN 4 Ponorogo
    3.Staf administrasi MTsN 4 Ponorogo
  3. Program Kerja Perpustakaan MTsN 4 Ponorogo
    Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja
    perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan
    sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan
    bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan
    efisien.

PROGRAM JANGKA PENDEK
1. Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum
sekolah.
2. Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan.
3. Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan sistem tertentu sehingga
memudahkan penggunaannya.
4. Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik.
5. Meningkatkan minat baca siswa, guru, dan karyawan.
6. Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan
pegguna layanan perpustakaan.
7. Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
8. Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan karyawan.
Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, pemberian
label, katalog buku, dll.
9. Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka.
10. Pelayanan peminjaman buku perpustakaan.
11. Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai
syarat pengambilan Ijazah.
12. Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi
atau nasional.

PROGRAM JANGKA PANJANG
1. Menerapkan system layanan perpustakaan berbasis ICT.
2. Menerapkan E-Library learning.
3. Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
G.Jadwal Peminjaman Buku
Senin dan Sabtu : 08.00 sd 11.00

 

  1. Jenis-jenis Layanan Perpustakaan
    1. Peminjaman berbagai jenis buku pelajaran, referensi, sastra, majalah, dll.
    2. Multimedia
  2. KOLEKSI PERPUSTAKAAN
    1. Buku Pelajaran
    2. Buku Referensi
    3. Buku Elektronik
    No KATEGORI JUMLAH
    I Berdasarkan golongan Klasifikasi
    1 Karya umum
    2 Filsafat
    3 Agama
    4 Ilmu Sosial
    5 Bahasa
    6 Ilmu Murni
    7 Ilmu Terapan
    8 Olah raga dan Kesenian
    9 Kesusasteraan
    10 Geografi Dan Sejarah
    11 Referensi
    12 Fiksi

    PROSEDUR PEMINJAMAN BUKU
    1. Anggota mengunjungi perpustakaan dan mengisi buku presentasi pengunjung
    perpustakaan
    2. Anggota mencari buku yang akan dipinjam di rak buku
    3. Staf menerima permintaan peminjaman buku
    4. Staf mencari buku kartu anggota
    5. Anggota menyerahkan kartu anggota perpustakaan kepada staf perpustakaan
    6. Staf perpustakaan mengisi kartu anggota dan kartu bukti pinjam sesuai dengan buku
    yang akan dipinjam
    7. Staf menyimpan kembali buku bukti pinjam pada tempatnya
    8. Staf menyerahkan kartu anggota kepada anggota perpustakaan

PROSEDUR PENGEMBALIAN BUKU
1. Anggota mengunjungi erpustakaan dan mengisi buku presensi pengunjung
perpustakaan
2. Anggota menunjukkan buku yang akan dikembalikan kepada staf perpustakaan
3. A nggota menyerahkan kartu anggota perpustakaan untuk distempel tanda bukti
kembali
4. Staf mencaari buku kartu bukti pinjam
5. Staf mencocokkan identitas buku antara kartu anggota dan kartu anggota dan kartu
bukti pinjam
6. Wajib mengganti buku jika menghilangkan buku
7. Staf perpustakaan menyetempel tanda bukti kembali kartu anggota dan kartu bukti
pinjam
8. Staf menyerahkan kartu anggota kepada anggota
9. Staf menyimpan kartu tanda bukti pinjam pada tempatnya
10. Staf mengembalikan buku pada rak/tempat yang tersedia.
J. KARTU ANGGOTA
KEGIATAN PERPUSTAKAAN

PRESTASI PERPUSTAKAAN

Semboyan Perpustakaan