Pengantar

Desain grafis  adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

Sejarah desain grafis tidak dapat dilepaskan dari sejarah perkembangan seni rupa. Karenanya, produk komunikasi visual tertua yang pernah ditemukan adalah lukisan gua di LascauxPerancis, yang diperkirakan berasal dari 15.000-10.000 SM. Simbol-simbol berbentuk ideogram ini kemudian berkembang menjadi aksara yang pada masa modern ini rutin kita gunakan di layar.

Pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu tidak ada gunanya bagi Rusia dan membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia nyata. Mereka mendesain bangunan, perangkat teater, poster, kain, pakaian, perabot, logo, menu, dll.

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Ekstrakurikuler Design Grafis MTsN 4 Ponorogo. Melihat perkembangan dunia digital yang sangat pesat ini, Di Tahun 2017 ini MTsN 4 Ponorogo yang dikepalai oleh Drs. Moch. Haris, M.Pd.I Mendirikan Ekstrakurikuler Design Grafis untuk pertama kalinya di MTsN 4 Ponorogo. Bahkan Ekskul Desain Grafis ini hanya ada di beberapa sekolah saja di ponorogo.

Tujuan

Ekstrakurikuler Design Grafis ini diharapkan dapat Menampung bakat dan minat siswa di bidang seni rupa dan suka dengan komputer.

Tutor

Design Grafis ini dipandu oleh Machfud Fatkurochman, S.Pd

Fasilitas

Fasilitas yang digunakan pada ekskul ini adalah Laboratorium Komputer yang memadai dan Ber AC, modul, tutorial digital

Jadwal

Ekskul desain grafis ini dilaksanakan setiap hari sabtu pukul 14.00 sd 16.30 WIB

 

referensi : wikipedia

EKSTRAKURIKULER DESAIN GRAFIS MTsN 4 PONOROGO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *