Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat “Jasmerah” adalah semboyan yang terkenal yang diucapkan oleh Soekarno, dalam pidatonya yang terakhir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966.

Memahami sejarah merupakan hal yang penting yang harus dipelajari oleh pelajar sebagai pembelajaran untuk menentukan arah bangsa pada generasi mendatang.

Candi Borobudur adalah merupakan salah satu keajaiban dunia yang menjadi kebanggaan dunia. Borobudur menunjukkan bahwa bangsa kita memiliki sejarah budaya yang besar.

Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia. Candi ini dibangun ketika Samaratungga – raja dari dinasti Syailendra memerintah di Jawa Tengah. Candi ini dianggap merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur terletak di desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur sangat besar dan terdiri dari blok batu-batu besar dengan arsitektur yang sangat megah. Karena itu candi Borobudur saya tempatkan pada barisan pertama karena tingkat kesulitan pembuatannya.

Pada Bulan Oktober 2018 ini siswa siswi MTsN 4 Ponorogo diajak untuk melihat lebih dekat mengenal Candi Borobudur. Siswa ditugaskan untuk mengamati setiap bentuk yang ada di Candi. Selanjutnya tugas dikumpulkan ke masing masing wali kelas. Rombongan ini diikuti sekitar 270 peserta yang berasal dari siswa kelas 7 dan kelas 8. Berangkat dengan menggunakan 5 bus perjalan ini berlangsung sangat nyaman dan menarik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan siswa siswi MTsN 4 Ponorogo yang mengerti sejarah” Ungkap Kepala MTsN 4 Ponorogo

Belajar Sejarah dengan Study Tour ke Candi Borobudur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *